Overblog
Editer l'article Suivre ce blog Administration + Créer mon blog
Adventure of New Life
Adventure of New Life
Menu
Manajemen Pengelolaan Karyawan Ala Pengusaha Sukanto Tanoto

Manajemen Pengelolaan Karyawan Ala Pengusaha Sukanto Tanoto

 

Sukanto Tanoto adalah seorang pengusaha terkenal dan sukses sebuah perusahaan besar yaitu RGE (Royal Golden Eagle). RGE (Royal Golden Eagle) yang dalam Bahasa Indonesia adalah Raja Garuda Emas merupakan salah satu perusahaan besar di dunia. Dalam hal ini merupakan sebuah perusahaan yang mengelola kelompok perusahaan kelas dunia dalam industri manufaktur yang berbasis SDA atau Sumber Daya Alam. Tidak hanya berlokasi di Indonesia, kantornya ada diberbagai negara yaitu Hong Kong, Singapura, Beijing dan Nanjing.

Para karyawan yang bekerja di bawah naungan Sukanto Tanoto terlibat dalam berbagai peran dari perkebunan hingga produksi sampai produk jadi. Di perusahaan mereka terdapat ilmuwan, teknisi, pekerja pembibitan, operator mesin berat, ahli IT, dan banyak dari bidang lainnya. Di setiap tahunnya mereka memberikan dukungan kepada para karyawan melalui penawaran beasiswa untuk karyawan dan keluarga karyawan, tunjangan kesejahteraan, dan program pelatihan untuk mengasah bakat karyawannya.

Dengan pelatihan karyawan dapat berpengaruh untuk keberhasilan bisnis. Dengan melatih karyawan dengan baik, dapat memudahkan karyawan itu sendiri mencapai potensi mereka sepenuhnya dan dampaknya membuat organisasi lebih kompetitif. Selain itu juga, keterampilan yang dikembangkan dapat membantu untuk menemukan tempat dalam perekonomian Indonesia yang berkembang pesat. Pada program beasiswa, bertujuan untuk mengembangkan generasi masa depan industri yang profesional. Setiap tahunnya akan ada 5 karyawan yang disponsori untuk studi pascasarjana di luar negeri. Selain itu juga mereka terus mewarkan beasiswa pendidikan untuk studi di universitas daerah.

Selain untuk para karyawan, mereka juga menawarkan beasiswa sekitar 40-50 lulusan SMA dari Akademi Teknologi Pulp dan Kertas yang berlokasi di Yogyakarta. Hal ini juga didasari jika menunjukkan minat bekerja dengan April grup untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Yang mana April grup juga bekerja sama dengan Tanoto Foundation untuk memberikan Beasiswa Kejuaraan Regional (Regional Champion Scholarships) di setiap tahun. Selain itu juga, April grup menawarkan pemeriksaan kesehatan tahunan, klinik-klinik kesehatan di lokasi dan dana bantuan karyawan untuk membantu karyawan dan keluarga mereka jika menderita penyakit kritis atau kecelakaan. Manfaat jaminan sosial lainnya seperti rencana pensiun dan asuransi jiwa serta asuransi kecelakaan juga diberikan kepada karyawan. Bagi April grup, karyawan termasuk ekspatriat, diberikan akomodasi atau tunjangan perumahan setiap bulan.

April juga menyediakan pusat pelatihan yang memiliki lingkungan yang kondusif dan infrastruktur yang lengkap untuk belajar bagi para karyawan. Kebutuhan pelatihan karyawan individu ditentukan oleh April grup. Program pengembangan disesuaikan dengan individu kemudian dilaksanakan bersama-sama untuk karyawan melalui Rencana Pembangunan Individu.

Bagi mereka tanggung jawab mereka adalah untuk membina karyawan di masa depan. Oleh karena itu, mereka berupaya untuk terus membangun tenaga kerja lokal untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian karena dapat menambahkan kekuatan besar sebagai perusahaan. Dari sanalah manajemen pengelolaan karyawan ala Pengusaha Sukanto Tanoto.